• Apa itu Domain?



    Domain berfungsi untuk mempermudah pengguna internet pada saat melakukan akses ke sebuah server, selain dipakai untuk mengingat nama server yang dikinjungi tanpa harus mengenal IP address atau deret angka yang rumit,domain juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web.

    Pengertian domain sendiri ialah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server seperti web server atau email server di jaringan komputer atau pun internet. Sedangkan pengertian domain menurut Tutorial Digital ialah suatu nama berformat huruf abjad (a,b,c,d,e,dan seterusnya) dan angka (1,2,3,dan seterusnya) serta simbol (-) untuk menamai alamat url website sebagai pengganti format deretan angka dari alamat IP client server hosting tempat file web diletakkan.

    Domain juga mempunyai level-level yang membedakan fungsinya masing-masing, berikut ini adalah level-level yang terdapat pada domain, yaitu :

    • Top Level Domain : Top Level Domain adalah deretan kata di belakang nama domain, seperti .com (dotcommercial), .net (dotnetwork), .org (dotorganization) dan yang lain-lain. Top Level Domain juga terdiri dari 2 macam,  yang pertama adalah Global Top Level Domain (gTLD) yang contohnya seperti .com, .net, .org dan lain-lain. Yang kedua adalah Country Code Top Level Domain (ccTLD), ccTLD merupakan Top Level Domain yang diberikan khusus untuk masing-masing negara, seperti negara Indonesia dengan menggunakan kode id contohnya .co.id, .net.id, .or.id dan yang lainnya.
    • Second Level Domain : Second Level Domain adalah nama domain yang harus anda daftarkan terlebih dahulu. contohnya kupret.com, kupret adalah Second Level Domainnya dan .com adalah Top Level Domainnya.
    • Third Level Domain : Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain. Misalnya anda memiliki nama domain seperti kupret.com, maka anda bisa menambahkan nama lain sebelum kupret, contohnya kacrut.kupret.com dan sebagainya.

    0 komentar:

    Posting Komentar

     

    Contact Person

    Apabila bila ingin memesan wayang golek bisa langsung menghubungi

    No Hp : 08815802554 (Rudi Sunardi)

    Alamat : RT 04 RW 09 Kel. Palumbonsari, Kec. Karawang Timur.

    Menerima Pesanan, mulai dari Wayang golek dengan ukuran besar, sedang dan kecil, aksesoris seperti gantungan kunci dan lain-lain.

    Perhatian

    Buat semua pengunjung yang ingin copy-paste diperbolehkan asal mencantumkan URL :

    http://blognyakrishna.blogspot.com/

    Hal ini bertujuan untuk menjaga sportivitas dan solidaritas sesama blogger Indonesia.

    Terima kasih...

    Kacrut & Kupret ^_^