• Perbandingan antara Topologi Jaringan Bus, Ring, Star dan Mesh


    Topologi Bus itu merupakan topologi yang paling sederhana dibandingkan dengan topologi lainnya, yaitu komputer dihubungkan antara satu dengan yang lainnya dan membentuk seperti barisan melalui satu single kabel.


    • Kelebihan Topologi Bus adalah kita dapat dengan mudah menambahkan jaringan atau pengembangan workstation baru tanpa menggangu workstation lain.
    • Kekurangan Topologi Bus adalah bila di sepanjang kabel pusat terdapat gangguan, maka seluruh jaringan terdapat gangguan.
    Topologi Ring itu merupakan topologi yang bentuknya melingkar (Ring) sehingga disebut desain yang sederhana, pada topologi ring setiap komputer terhubung dengan komputer lainnya dan komputer terakhir terhubung dengan komputer pertama.

    • Kelebihan Topologi Ring adalah tidak adanya komputer yang memonopoli jaringan karena setiap komputer mempunyai hak akses yang sama terhadap token, dan data mengalir dalam satu arah sehingga Collision dapat dihindarkan.
    • Kekurangan Topologi Ring adalah apabila ada satu komputer dalam Ring yang tidak dapat berfungsi maka akan mempengaruhi keseluruhan jaringan. Sulitnya untuk mengatasi kerusakan di jaringan yang menggunakan Topologi Ring. Dan apabila menambah atau mengurangi komputer di Topologi Ring akan mengacaukan jaringan.

    Topologi Star itu semua kabel dihubungkan dari komputer-komputer ke lokasi pusat di mana semuanya terhubung dengan alat yang dinamakan Hub. Sehingga membentuk seperti bintang (Star)

    • Kelebihan Topologi Star adalah cukup mudahnya untuk menambah atau mengubah komputer ke dalam jaringan yang menggunakan Topologi Star tanpa mengganggu aktivitas jaringan yang sedang berlangsung. Apabila ada satu komputer yang mengalami kerusakan dalam jaringan maka komputer tersebut tidak akan membuat mati seluruh jaringan Star. Dan kita dapat menggunakan beberapa tipe kabel di dalam jaringan yang sama dengan hub yang dapat mengakomodasi tipe kabel yang berbeda.
    • Kekurangan Topologi Star adalah memiliki satu titik kesalahan yang terletak pada Hub, apabila Hub pusat mengalami kegagalan, maka seluruh jaringan akan mengalami kegagalan untuk beroperasi. Pada Topologi Star membutuhkan lebih banyak kabel karena semua kabel jaringan harus ditarik ke Hub, jadi Topologi Star merupakan topologi yang paling banyak membutuhkan kabel dibandingkan topologi lain.
    Topologi Mesh itu merupakan topologi yang paling efektif dalam jaringan, karena semua komputer dapat terhubung langsung dengan komputer lain di dalam jaringan tanpa menggunakan alat penghubung seperti Hub.

    • Kelebihan Topologi Mesh adalah menjamin data dapat langsung dikirimkan ke komputer tujuan tanpa harus melalui komputer lainnya, sehingga dapat lebih cepat karena satu link digunakan khusus untuk berkomonikasi dengan komputer yang dituju saja. Pada Topologi Mesh privacy dan security lebih terjamin karena komonikasi yang terjadi antara dua komputer tidak akan dapat diakses oleh komputer lainnya. Dan memudahkan proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar komputer.
    • Kekurangan Topologi Mesh adalah membutuhkan banyak kabel dan port I/O karena semakin banyak komputer di dalam Topologi Mesh, maka semakin banyak pula kabel links dan port I/O yang dibutuhkan. Hal tersebut membuat Topologi jenis ini membutuhkan biaya yang relatif mahal. Dan instalasi dan konfigurasi menjadi lebih sulit karena setiap komputer terkoneksi langsung dengan komputer lainnya.

    2 komentar:

     

    Contact Person

    Apabila bila ingin memesan wayang golek bisa langsung menghubungi

    No Hp : 08815802554 (Rudi Sunardi)

    Alamat : RT 04 RW 09 Kel. Palumbonsari, Kec. Karawang Timur.

    Menerima Pesanan, mulai dari Wayang golek dengan ukuran besar, sedang dan kecil, aksesoris seperti gantungan kunci dan lain-lain.

    Perhatian

    Buat semua pengunjung yang ingin copy-paste diperbolehkan asal mencantumkan URL :

    http://blognyakrishna.blogspot.com/

    Hal ini bertujuan untuk menjaga sportivitas dan solidaritas sesama blogger Indonesia.

    Terima kasih...

    Kacrut & Kupret ^_^