• Apa itu Teknologi Batch System FMS dan IBSYS?



    Batch System merupakan Sistem Operasi yang pertama kali digunakan pada komputer generasi ke-2. Batch System sendiri ialah suatu cara untuk menghindari waktu menganggurnya CPU yang cukup lama, oleh sebab itu dikembangkanlah suatu teknik pengurutan kerja job secara otomatis. Teknik ini mampu mentransfer kontrol secara otomatis dari suatu job ke job berikutnya. Di dalam Batch System ini sudah memiliki fungsi-fungsi Sistem Operasi yaitu FMS atau kepanjangan dari Fortran monitor system dan IBSYS.
    Batch System FMS

    Fortran Monitor System atau biasa disingkat FMS adalah sebuah Software yang dibuat oleh Apple untuk melihat dan memantau tugas pengkodean pada komputer tunggal atau ganda. FMS cukup ringan dan sangat efektif bila dioptimalkan untuk Batch Fortran dan pemrograman  Assembler yang sudah ada seperti FAP atau kepanjangan dari Fortran Assembly Program. FAP agak kurang lengkap dari MAP, tetapi memberikan kemampuan yang sangat baik untuk zaman tersebut.  FMS juga merupakan turunan yang dikembangkan  dari kompiler Fortr awalnya ditulis untuk 704 oleh Backus dan timnya.
    Batch System IBSYS

    IBSYS adalah model basis Sistem Operasi  yang di luncurkan  IBM yang digunakan pada komputer  IBM 7090 dan IBM 7094. IBM juga sebelumnya sudah membuat Sistem Operasi  yang mirip, hanya terdapat beberapa perbedaan yang signifikan, yang disebut IBSYS, yang digunakan pada komputer IBM 7040 dan IBM 7044. IBSYS sendiri dibuat berdasarkan  pada Fortran Monitor System (FMS) dan SHARE Operating system. IBSYS adalah program monitor dasar, tapi sudah mempunyai Control Card Images yang sangat berguna untuk kinerja sebuah monitor.

    3 komentar:

     

    Contact Person

    Apabila bila ingin memesan wayang golek bisa langsung menghubungi

    No Hp : 08815802554 (Rudi Sunardi)

    Alamat : RT 04 RW 09 Kel. Palumbonsari, Kec. Karawang Timur.

    Menerima Pesanan, mulai dari Wayang golek dengan ukuran besar, sedang dan kecil, aksesoris seperti gantungan kunci dan lain-lain.

    Perhatian

    Buat semua pengunjung yang ingin copy-paste diperbolehkan asal mencantumkan URL :

    http://blognyakrishna.blogspot.com/

    Hal ini bertujuan untuk menjaga sportivitas dan solidaritas sesama blogger Indonesia.

    Terima kasih...

    Kacrut & Kupret ^_^