• Perbandingan antara Repeater, Hub, Switch, Bridge dan Router




    Repeater merupakan komponen dari suatu jaringan yang ada disebuah LAN yang berfungsi untuk menguatkan data atau sinyal. Repeater dapat digunakan untuk sinyal analog maupun digital dan biasanya digunakan untuk transmisi data jarak jauh. Misalnya sebuah Ethernet Card hanya mampu menjangkau jarak tertentu saja, namun Repeater akan meneruskan dengan menguatkan sinyalnya untuk mendukung integritas data yang dilewatkan tersebut.










    Hub merupakan suatu komponen komputer yang digunakan sebagai alat penghubung antar komputer yang ada di sebuah LAN. Hub digunakan untuk jaringan yang sederhana misalnya hanya untuk menyambungkan beberapa komputer di satu grup IP lokal. Hub terbatas hanya 10 sampai 16 koneksi.


    Switch merupakan sebuah alat yang menyaring dan melewatkan (mengijinkan lewat) paket yang ada di sebuah LAN. Fungsi Switch hampir mirip dengan Hub, tetapi Switch mempunyai kemampuan untuk mendeteksi alamat komputer yang akan dituju, sehingga Switch menjadi lebih aman dan cepat. Switch pada saat yang bersamaan dapat menangani lebih dari satu koneksi. Dengan kemampuan yang lebih seperti ini harga Switch jadi lebih mahal daripada harga Hub.




    Bridge berfungsi  meningkatkan kinerja jaringan karena dapat mengatur traffic jaringan dalam segmen yang kecil. Dibandingkan dengan Router bridge mempunyai kecepatan yang lebih tinggi. Bridge mengatur (melalui filtering atau forwarding) frame data per segmen, sehingga jika w/s 1 akan mengirim data ke w/s 2, frame tidak akan diteruskan (forward) ke segmen 2. sehingga mengakibatkan beban jalur setiap segmen menjadi optimal, dan overhead traffic pada setiap segmen dapat dikurangi.




    Router merupakan komponen komputer yang bekerja dengan cara yang mirip dengan Witch dan Bridge, yang membedakannya adalah Router menyaring atau memfilter penyaluran lalu lintas data. Penyaringan yang dilakukan Router bukan dengan melihat alamta paket data, tetapi dengan menggunakan protokol tertentu. Router digunakan ketika kita akan menghubungkan jaringan komputer ke jaringan lain, jaringan ini bias berupa pribadi (LAN/WAN) atau jaringan piblik (Internet).

    0 komentar:

    Posting Komentar

     

    Contact Person

    Apabila bila ingin memesan wayang golek bisa langsung menghubungi

    No Hp : 08815802554 (Rudi Sunardi)

    Alamat : RT 04 RW 09 Kel. Palumbonsari, Kec. Karawang Timur.

    Menerima Pesanan, mulai dari Wayang golek dengan ukuran besar, sedang dan kecil, aksesoris seperti gantungan kunci dan lain-lain.

    Perhatian

    Buat semua pengunjung yang ingin copy-paste diperbolehkan asal mencantumkan URL :

    http://blognyakrishna.blogspot.com/

    Hal ini bertujuan untuk menjaga sportivitas dan solidaritas sesama blogger Indonesia.

    Terima kasih...

    Kacrut & Kupret ^_^