• Apa itu Struktur Sistem Linux?



    Sistem operasi Linux terdiri atas kernel (inti), program sistem, dan beberapa program aplikasi. Kernel merupakan inti dari sistem operasi. Program sistem dan semua program-program lainnya yang berjalan di atas kernel disebut user mode. Perbedaan antara program sistem dan program aplikasi adalah program sistem butuhkan agar suatu sistem operasi dapat berjalan, sedangkan program aplikasi adaah program yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu aplikasi tertentu.

    Sistem Linux terdiri atas tiga badan kode utama, dengan isi pada barisnya merupakan implementasi UNIX paling tradisional :

    • Kernel Linux merupakanjembatan penghubung antara user dengan program-program yang sudah terinstall di PC. Kernel linux bertanggung  jawab untuk mengatur dan menjaga seluruh sistem operasi linux, kernel linux dapat mengakses hardware secara keseluruhan.

    • System libraries merupakan system yang tugasnya menghubungkan aplikasi dengan kernel agar dapat berhubungan intim satu sama lain. Sistem ini juga yang memberikan izin pada aplikasi untuk membuat permintaan kernel-system service.

    • System utilities merupakan system yang bertugas mengatur koneksi jaringan yang masuk.


    Gambar di atas mengilustrasikan berbagai komponen yang membuat lengkap sebuah sistem Linux. Perbedaan paling penting disini ada pada kernel dengan seluruh hal lainnya. Semua kode kernel dieksekusi pada processor privileged mode dengan akses penuh ke seluruh sumber fisik dari komputer. Linuxmenyebut mode ini sebagai kernel mode. Di bawah Linux, tidak ada kode user mode yang dibangun ke dalam kernel. Kode apapun yang berupa dukungan terhadap sistem operasi yang tidak perlu dijalankan pada kernel mode disimpan ke dalam system libraries.


    Kernel Linux merupakan monolithic kernel, dimana driver dan tambahan kernel berjalan di kernel space, sehingga kernel dapat mengakses hardware secara penuh meskipun ada beberapa bagian yang berjalan di user space. Ini bertujuan untuk meningkatkan performansi karena seluruh kode kernel dan struktur data disimpan pada single address space. Tidak ada context switch yang diperlukan ketika sebuah proses memanggil fungsi sistem operasi atau saat perangkat lunak melakukan interrupt.

    1 komentar:

     

    Contact Person

    Apabila bila ingin memesan wayang golek bisa langsung menghubungi

    No Hp : 08815802554 (Rudi Sunardi)

    Alamat : RT 04 RW 09 Kel. Palumbonsari, Kec. Karawang Timur.

    Menerima Pesanan, mulai dari Wayang golek dengan ukuran besar, sedang dan kecil, aksesoris seperti gantungan kunci dan lain-lain.

    Perhatian

    Buat semua pengunjung yang ingin copy-paste diperbolehkan asal mencantumkan URL :

    http://blognyakrishna.blogspot.com/

    Hal ini bertujuan untuk menjaga sportivitas dan solidaritas sesama blogger Indonesia.

    Terima kasih...

    Kacrut & Kupret ^_^