• Apa itu File System Linux?



    Ext2 (Second Extended File System) merupakan tipe File System yang paling tua yang masih ada. Ext2 diciptakan oleh Remy Card dan diperkenalkan pertama kali pada tahun 1993. Ext2 adalah File System yang menjadi dasar dari segala distribusi Linux dan yang paling unggul di Sistem Operasi Linux. Pada Ext2, file data disimpan sebagai data blok, data blok ini mempunyai panjang yang sama dan meskipun panjangnya bervariasi diantara Ext2, besar blok tersebut ditentukan pada saat File System dibuat dengan mk2fs. Jika besar blok adalah 1024 bytes, maka file dengan besar 1025 bytes akan memakai 2 blok.

    Ext3 (Third Extended File System) merupakan suatu jurnal File System, karena dibuat dengan desain untuk melindungi data yang ada didalamnya. Ext3 merupakan peningkatan dari Ext2 File System. Ext3 diciptakan oleh Stephen Tweedie dan diperkenalkan pada tahun 2001. Ext3 memiliki beberapa peningkatan, diantaranya :

    • Journaling, dengan menggunakan journaling, maka waktu recovery pada shut down yang mendadak tidak akan selama pada Ext2.
    • Integritas Data, Ext3 menjamin adanya integritas data setelah terjadi kerusakan atau unclean shut down. Ext3 memungkinkan kita memilih jenis dan tipe proteksi dari data.
    • Kecepatan, Daripada menulis data lebih dari sekali, Ext3 mempunyai throughput yang lebih besar daripada Ext2, karena Ext3 memaksimalkan pergerakan head harddisk. Kita bisa memilih tiga jurnal mode untuk memaksimalkan kecepatan, tetapi integritas data tidak terjamin.
    • Mudah Dilakukan Migrasi, kita dapat melakukan migrasi atau konversi dari Ext 2 ke Ext 3 tanpa harus melakukan format ulang pada harddisk.


    Ext4 (Fourth Extended File System) dirilis secara lengkap dan stabil berawal dari kernel 2.6.28 jadi bila distro anda yang secara default memiliki kernel tersebut. Jadi, apabila distro yang secara default memiliki kernel tersebut atau di atasnya secara otomatis system sudah support Ext4. Apabila masih menggunakan Ext3, dapat dilakukan konversi ke Ext4 dengan beberapa langkah yang tidak terlalu rumit.

    Keuntungan menggunakan Ext4 ini adalah mempunyai pengalamatan 48-bit blok yang artinya dia akan mempunyai 1 EiB = 1.048.576 TB ukuran maksimum file system dengan ukuran 16 TB untuk maksimum file sizenya, fast fsck, journal checksumming, defragmentation support. Ext4 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008.

    0 komentar:

    Posting Komentar

     

    Contact Person

    Apabila bila ingin memesan wayang golek bisa langsung menghubungi

    No Hp : 08815802554 (Rudi Sunardi)

    Alamat : RT 04 RW 09 Kel. Palumbonsari, Kec. Karawang Timur.

    Menerima Pesanan, mulai dari Wayang golek dengan ukuran besar, sedang dan kecil, aksesoris seperti gantungan kunci dan lain-lain.

    Perhatian

    Buat semua pengunjung yang ingin copy-paste diperbolehkan asal mencantumkan URL :

    http://blognyakrishna.blogspot.com/

    Hal ini bertujuan untuk menjaga sportivitas dan solidaritas sesama blogger Indonesia.

    Terima kasih...

    Kacrut & Kupret ^_^