• Apa itu Dispatching Algorithm?




    Dispatching algorithm adalah algoritma antrian(queue) yang dapat mengeksekusi proses secara berurutan dalam dua buah prosesor, jadi algoritma antrian bisa mengeksekusi setiap thread secara efisien meskipun sistem-sistem operasi tersebut bersifat multitasking.


    Berikut adalah Beberapa algoritma penjadwalan CPU :

    a. Algoritma FIFO (First-in, First-out)
      Adalah algoritma yang menjalankan proses-proses yang telah diberi waktu pemroses yang diurutkan berdasarkan waktu kedatangan proses-proses tersebut menuju sistem, setelah masing-masing proses mendapat jatah waktu pemroses barulah proses dijalankan oleh processor hingga selesai. (Algoritma nonpreemptive)

    b. Algoritma PS (Priority Schedulling)
      Merupakan algoritma yang memberi suatu prioritas pada setiap proses dan proses yang mempunyai prioritas tertinggi memiliki waktu pemroses yang akan dijalankan atau dieksekusi terlebih dahulu (running). (Algoritma preemptive)

    c. Algoritma RR (Round-robin)
      Algoritma ini yang menganggap semua proses penting untuk dieksekusi sehingga pada masing-masing proses diberi sejumlah waktu pemroses yang disebut kwanta (quantum) atau time-slice tempat dimana proses tersebut akan dijalankan. Proses akan berjalan selama satu kwanta yang kemudian penjadwalan akan mengalihkan pada pemroses dan akan mengeksekusi proses berikutnya selama 1 kwanta begitu seterusnya hingga kembali pada proses pertama dan berulang. (Algoritma preemptive).

    d. Algoritma SJF (Shortest Job First) : 
      Merupakan algoritma yang mengatur proses berdasarkan prioritas yang tinggi yang telah dijadwalkan sebelumnya secara FIFO atau FCFS (First-come, First-serve), mekanisme SJF ini lebih kepada mendahulukan penjadwalan proses yang selesai terlebih dahulu dalam jangka waktu terpendek sampai selesai setelah itu SJF akan mengeksekusi penjadwalan selanjutnya dengan waktu terpendek lainnya begtitu seterusnya hingga semua proses selesai dijalankan.

    0 komentar:

    Posting Komentar

     

    Contact Person

    Apabila bila ingin memesan wayang golek bisa langsung menghubungi

    No Hp : 08815802554 (Rudi Sunardi)

    Alamat : RT 04 RW 09 Kel. Palumbonsari, Kec. Karawang Timur.

    Menerima Pesanan, mulai dari Wayang golek dengan ukuran besar, sedang dan kecil, aksesoris seperti gantungan kunci dan lain-lain.

    Perhatian

    Buat semua pengunjung yang ingin copy-paste diperbolehkan asal mencantumkan URL :

    http://blognyakrishna.blogspot.com/

    Hal ini bertujuan untuk menjaga sportivitas dan solidaritas sesama blogger Indonesia.

    Terima kasih...

    Kacrut & Kupret ^_^